Pages

Rabu, 30 Januari 2013

Asal usul kata 'PACARAN'

Banyak anak muda jaman sekarang yang pacaran atau bahasa gaulnya sih jadian. Katanya mah kalo ga punya pacar itu jomblo. Dan kalo jomblonya itu sudah terlalu lama dan sering di phpin sama cewe/cowo biasanya disebut jones artinya jomblo ngenes. Lucu banget sih bahasa dan kelakuan anak gaul sekarang. Tapi sebenernya pacaran tuh apasih? Banyak yang gak ngerti tentang pacaran tuh apa. Disini aku akan sedikit memperulas asal mulanya kata 'pacaran'. 


Dahulu, di masyarakat Melayu khususnya ada budaya memakaikan pacar air pada dua orang laki laki dan perempuan yang ketahuan saling tertarik. Biasanya sang lelaki mengirimkan sinyal tertariknya dengan mengirim sebuah pantun untuk sang gadis pujaan. Pantun ini awalnya bernama tim, kalo jaman sekarang dengan surat menurat gitu kali ya..
Jika sang gadis pujaannya menyambut pantun dari sang laki laki dan keduanya ingin meneruskan hubungan mereka, maka orang tua keduanya memberikan pacar air di tangan keduanya. Pacar air ini sebagai tanda bahwa keduanya telah memiliki hubungan. Biasanya pacar air hilang sendirinya dalam waktu 3 bulan. Dan jika pacar air ini akan segera menghilang, dang laki laki mempersiapkan semua kebutuhan untuk melamar sang gadis. Jika sampai pacar air telah hilang dan sang pemudi tidak melamar maka sang gadis berhak memutuskan hubungan mereka dan sang gadis berhak untuk menerima lamaran dari lelaki lain. Dan jangan bayangkan selama 3 bulan tersebut mereka berpacara seperti pacarannya anak zaman sekarang. Mereka sangat terjaga sebelum pernikahan.
Jadi kesimpulannya, kata pacaran itu sebenarnya berasal dari daun pacar atau pacar air yang menandakan bahwa perempuan dan laki laki tersebut sudah ada ikatan dan hanya tinggal menunggu waktu. Lebih simpulnya, pacaran itu sebenarnya tidak usah dilakukan untuk anak remaja jaman sekarang. Seperti cerita yang saya ceritakan tadi, pacaran hanya untuk menunggu sang lelaki melamar perempuannya. Pacaran itu berarti untuk mempersiapkan pernikahan. Apakah kalian siap untuk melakukan pernikahan dini?
Tunggu dan stay in my blog ya. Thank you so much for your ca. Bye

1 komentar: